Cara Setting Ip Address Static di Windows

Cara Setting Ip Address Static di Windows


Assalamu'alaikum wr.wb

Kali ini saya akan membahas tentang setting ip address static di windows?? jika anda ketahui bahwa setiap komputer, laptop atau android dan sejenisnya yang memakai ip address kemudian barang tersebut dapat berkomunikasi dan sharing karena kita setting ip address disetiap komputer dll dengan satu kelas ip. Dan apa ip address??? Ip Address adalah deretan angka biner yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer atau host dalam jaringan. Oke itu saja penjelasannya jika kurang jelas bisa komentar.

Ya langsung saja langkah setting Ip Address static di windows :

Pertama, Klik kana pada icon jaringan dan pilih opsi "Open Network and Sharing Center".


Kedua, Selanjutnya arahkan kursor ke kiri dan pilih opsi "Change Adapter settings".



Ketiga, Pilih interface yang mau disetting namun disini saya pilih "Ethernet", lalu klik "kanan", pilih opsi "properties".


Keempat, Kemudian pilih opsi "Internet Protocol Version 4(TCP/Ipv4)" karena yang kita setting dengan ip versi 4.


Kelima, isikan kolom-kolom dibawah ini dengan Ip Address yang sudah ditentukan.

Ip address => ip address dari server atau komputer yang lain namun satu kelas.
Netmask => Cidr yang ditentukan server atau komputer yang lain.

Keenam, buka cmd dengan tombol Windows+R dan ketikan cmd lalu tekan "Enter".


Ketuju, cek ip address komputer atau laptop dengan perintah "ipconfig".


Kedelapan, ping ip address dengan perintah ping 192.168.10.2 dan jika seperti gambar dibawah ini artinya berhasil.


Kesembilan, Selesai.

Oke itu saja yang dapat saya sampaikan dan mohon maaf gambarnya yang terakhir beda karena saya membuat website ini dengan teman saya.

Sekian dari saya
Wassalamu'alaikum wr.wb